Selasa, 20 Oktober 2015

SOP untuk Kalibrasi pH meter dan pH Produk Pengukuran pH meter




  • Prosedur pengkalibrasian pH meter

Petunjuk sebelum mengkalibrasi pH meter yang digunakan, antara lain :
1. Gunakan prosedur yang direkomendasikan oleh produsen peralatan (ini akan bervariasi, tetapi versi umum ditunjukkan di bawah).
2. Untuk akurasi terbesar, dianjurkan bahwa instrumen dikalibrasi sebelum setiap penggunaan atau per jam, mana yang lebih lama. Disarankan untuk mengkalibrasi dengan dua solusi penyangga standar - biasanya pH 4 dan pH 7.
3. Bilas elektroda dengan beberapa pH 7 larutan atau air bersih. Celupkan bagian bawah
(1 ½ ") dari elektroda ke dalam gelas yang berisi pH 7 solusi.
4. Tekan tombol CALIBRATION. LCD akan berkedip; kalibrasi maka dapat dikonfirmasi. Tunggu 30 detik dan tekan tombol konfirmasi untuk mengkonfirmasi penyangga pertama.
5. Jika semuanya memuaskan, LCD sekunder akan berkedip "4" mengharapkan buffer kedua pada pH 4. Jika solusi yang salah digunakan atau elektroda memiliki digunakan atau jika buffer dari spesifikasi, panel akan berkedip untuk memberitahukan pengguna.
6. Bilas elektroda dengan air bersih atau pH 4 solusi. Celupkan bagian bawah
(1 ½ ") dari elektroda ke dalam gelas yang berisi pH 4 solusi.
7. LCD akan berhenti berkedip "4" ketika telah stabil, dan kalibrasi dapat kemudian dikonfirmasi. Tunggu 30 detik dan tekan tombol konfirmasi untuk mengkonfirmasi buffer pertama.
8. referensi penyangga menghilang dari layar sekunder dan meteran adalah dikalibrasi dan siap untuk digunakan.

  • Prosedur Pengukuran pH

Petunjuk untuk mengukur pH produk, antara lain :
Pembacaan pH sampel setiap secara langsung dipengaruhi oleh suhu. Agar meter untuk mengukur pH secara akurat, itu harus tahu / mengukur suhu.
Banyak pH meter mengimbangi suhu sampel; menggunakan beberapa unit yang lebih tua mungkin mengharuskan operator untuk membakukan suhu sampel.
1. Untuk mempersiapkan produk untuk pengujian, campuran produk dan air suling dalam rasio 1: 1 untuk membuat bubur. Sebuah dapur-jenis blender dapat digunakan untuk membuat bubur. Sebuah bubur diperlukan untuk memungkinkan pembacaan yang akurat dari pH.
2. Tempatkan elektroda pH ke dalam campuran sehingga bagian bawah (1 ½ ") dari elektroda tenggelam dalam lumpur yang akan diuji, aduk perlahan, dan biarkan elektroda untuk menyesuaikan dan menstabilkan.
3. Jika pengukuran dilakukan berturut-turut dalam sampel yang berbeda, itu adalah dianjurkan untuk bilas elektroda menyeluruh pertama dengan air deionisasi atau air keran, jika air deionisasi tidak tersedia, dan kemudian dengan beberapa sampel berikutnya dengan kondisi elektroda sebelum merendam dalam sampel.

1 komentar:

  1. Di step 2, kenapa harus menggunakan pH 4? Kalau 7 kan karena bersifat netral. Kenapa 10 gak termasuk?

    BalasHapus